Oleh: Bang Yudi | 10 September 2008

Puase yok… Eh salah, Buka Puase Yok… Ngape gak puase???

Assalammualaikom.

Suatu pagi, sekitar jam 7 di seputaran Jalan Gajahmada & Jalan Tanjungpura terlihat ramainya parkiran sepeda motor & mobil. Rate-rate mereke parkir di depan warung kopi (warkop). Merupekan hal yang dah lazim jike kite jalan-jalan pagi sampai ke Jalan Hijas, mereke “jin iprit” tu kumpol, dimane seperti yang sudah tertanam didalam pikiran saye sejak SD dolok bahwe pade bulan puase tak ade yang namenye hantu atau jin, mereke kena ikat jadi tak bise melakukan penampakan atau pun godaan kepade manusie. Mungkin yang kena ikat ni yang tercipte dari api, tapi yang tercipte dari tanah & musti dibakar dengan api belum sempat diikat oleh malaikat. Iye ke?

Sebagai ummat muslim saye bepikir & merenung, bagaimane lah agama lain nak menghormati agame kite (Islam) jike ummatnye sorang tadak malu & terang-terangan melanggar aturan-aturan agamenye sorang – berarti kan tidak hormat dengan agamenye sorang???? Puase nilah tempat kite menempa kedisiplinan diri, emosi diri, intelejensi diri sehingge didapatlah kepribadian – ketaqwaan – keimanan kite yang kuat & tegar. Kite harusnye malu menampakkan perilaku buruk kite dengan tidak berpuase di muke umum, meminjam istilah Naga Bonar “Ape kate dunie?”. Who said like that. Wake Me UP. Jadi kite akan menegur para pelaku bisnis warkop pun tak bise karena yang minum pun ummat muslim gak. Hancorlah dah.
Lebih parah agi, kadang pakai ngajak-ngajak kawan agi tuh buka puase ni. Jin iprit dah beranak pinak. Nak jadi ape dunie nih? Kalo “kemaluan” tuh nak minta besak, tapi urat malu udah tak ade. Ngucap-ngucap-ngucap, esok puase (gunekan nade Upin-Ipin ye).

Mudah-mudahan pemerintah selaku pemegang otoritas kebijakan publik dapat menertibkan warkop yang buka di waktu ibadah puase. Memang tidak semuenye yang minum adalah ummat muslim tapi sebagai bentuk toleransi ummat beragama hendaknye kite dapat membuat jadwal buka warkop setelah maghrib atau mendekati maghrib, sekalian menjual hidangan buka puase. Minjam kate pepatah, ade gule ade semut. Nah gitu gak dengan orang yang tak puase, karene die meliat ade warkop yang buka make dilajakkannye tadak puase. Betol tadak ni?
Semue kite kembalikan ke individu masing-masing. Mau pahale atau dose? Oke, selamat berbuka puase ye. Eh salah, selamat menjalankan ibadah puase ye.

Wassalam.

Iklan

Responses

  1. Memang, kadang malu dengan umat agama lain. Mereka beribadat dengan tertib, meyakini sepenuh hati apa yang menjadi ajaran agamanya. Bayangkan saja, kalau jam 7 pagi—sepagi itu—memang sudah berkeliaran para pendusta-pendusta ajaran islam untuk menodai kekhusukan beribadah puasa sesama kaumnya sendiri, alangkah perlu tindakan yang lebih tegas oleh aparat. Jangan sampai Front Pembela Islam ( FPI ) yang ambil tindakan, bisa berabe!


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: