Oleh: Bang Yudi | 10 September 2008

Mancing…

Kenapa sih senang mancing (mancing ikan bukan mancing keributan loh), apa yang kamu cari?
Jawaban nyleneh mungkin “ikan” atau pun “nyantai-nyantai jak”.

Tapi sebetulnya dari pertanyaan tersebut akan muncul berbagai penafsiran. Tergantung dari latar belakang individu yang menerima pertanyaan tersebut. Sampai sekarang saya sendiri bingung untuk menjelaskan dengan kata-kata apa yang saya cari dengan pergi memancing ke kolam pemancingan atau pun ke laut. Mungkin yang lebih enak kalo dijawab agak santai tapi tidak terlalu serius adalah “menenangkan diri jak”.

Dengan memancing, mungkin otak kita akan istirahat sejenak setelah berhari-hari melakukan aktifitas rutin. Kadang kita tidak sadar jika kita mancing, pikiran kita terfokus ke kolam atau pun mata kail. Bahkan kadang kita tidak terasa sambil berdoa agar mata kail tersebut cepat disambar ikan besar (pokoknya ikan lah). Bahkan walaupun tidak dapat ikan sama sekali, kita tetap sabar menunggu.

    Walaupun kadang ngomel, mane ikannye nih? Jangan-jangan kolamnye kosong nih.

Disini dapat diambil suatu pelajaran berharga yaitu sabar. Kita telah belajar mengatasi emosi diri dengan sabar menunggu kail kita disambar ikan. Kita mancing dari pagi bisa sampai sore hari bahkan selepas maghrib baru meninggalkan kolam pemancingan.

Banyak orang senang mancing, banyak orang pandai mancing, mereka semua memiliki penafsiran yang berbeda-beda dari tujuan mancing tersebut. Semuanya kembali kepada individu masing-masing. Mungkin bisa kita jabarkan sedikit tujuan mancing tergantung dari pelakunya yaitu ada yang sebagai sarana untuk rileks dengan sekedar kongkow-kongkow bersama teman-teman atau bersama keluarga & ada yang memang sebagai mata pencaharian. Yang lebih baik sebenarnya adalah menggabungkan kedua tujuan tersebut.

Kalau begitu selamat memancing deh bagi rekan-rekan yang hobby mancing. He….92x.
Sumber gambar (http://www.myfreecolouringpages.com/coloring_pages/deepsea-fish.htm)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: